PENGARUH GAYA HIDUP (LIFESTYLE) DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ORIFLAME DI DENPASAR

Categorie(s):
   lifestyle, quality perception, purchasing decisions.
Author(s):
   NI KADEK RATIH INTAN MARTINI
Tahun:
   2018
NIM Mahasiswa:
 1402612010097
Item Type:
 Thesis (Skripsi)
Additional Info:
 R/1266/FE-MAN
Advisor:
Prof. Dr. Drs. A. A Putu Agung, M.Si
Ni Putu Nita Anggraini, SE., MM
Keyword(s):
gaya hidup (lifestyle), persepsi kualitas, keputusan pembelian.
Abstract :
Salah satu hal yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil
keputusan dalam melakukan pembelian adaahgaya hidup (lifestyle) dan persepsi
kualitas akan suatu produk. Perilaku manusia sebagai konsumen merupakan
tindakan yang langsung teribat dalam mendapatkan, mengonsumsi dan
menghabiskan produk termasuk proses keputusan yang mendahului dan
menyusuli tindakan. Produk yang banyak digunakan dalam pergeseran gaya hidup
(lifestyle) konsumennya adalah kosmetik. Salah satu kosmetik yang cukup
terkenal di Indonesia adalah Oriflame. Sehingga tiap bulannya omset penjualan
produk Oriflame mengalami fluktuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh gaya hidup (lifestyle) dan persepsi kualitas terhadap keputusan
pembelian produk Oriflame di Kota Denpasar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menjadi
member Oriflame di Kota Denpasar dari bulan Juni 2016 sampai bulan Juni 2017
yaitu sebanyak 300.000 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus
Slovin diperoleh banyaknya sampel 100 orang, dimana sampel ditentukan
menggunakan metode random sampling. Variabelyang dikaji dalam penelitian ini
terdiri dari variabel bebas yaitu gaya hidup (lifestyle) dan persepsi kualitas dan
variabel terikat keputusan pembelian. Analisis data dalam penelitianini adalah uji
validitasdan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis
koefisien determinasi (R2), serta pengujian hipotesismelalui uji t dan uji Fdan data
tersebut dianalisis menggunakan program SPSS 17.00.
Hasil penelitian dari analisis regresi linier berganda di perolehpersamaan
regresi Y = 12,880 + 0,440X1 + 0,230X2. Hasil pengujian secara parsial thitung
dari gaya hidup (lifestyle) sebesar 11,089 dan thitung persepsi kualitas sebesar
4,957 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusanpembelian
produk Oriflame di Kota Denpasar, ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar
0,000 < 0,05.Sedangkan secara Simultan gaya hidup (lifestyle) dan persepsi
kualitas memiliki pengaruhpositif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
produk Oriflame di Kota Denpasar ini dibuktikan dengan nilai Fhitungsebesar
72,054 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.Angka R Square sebesar 0,598 menunjukkan bahwa keputusan pembelian sebesar 59,8% dipengaruhi oleh gaya hidup (lifestyle) dan persepsi kualitas. Sedangkan sisanya sebesar 40,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.