PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, GROWTH DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015

Categorie(s):
   Dividend Policy, Profitability, Leverage, Growth and Liquidity.
Author(s):
   NI MADE LESI ANDRI
Tahun:
   2018
NIM Mahasiswa:
 1402612010024
Item Type:
 Thesis (Skripsi)
Additional Info:
 R/1228/FE-MAN
Advisor:
Agus Wahyudi Salasa Gama.,SE.,MM
Ni Putu Yeni Astiti.,SE.,MM
Keyword(s):
Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Leverage, Growth dan Likuiditas.
Abstract :
Kebijakan dividen adalah kebijakan yang berhubungan dengan pembayaran
dividen oleh pihak perusahaan, berupa penentun besarnya dividen yang akan
dibagikan dan besarnya saldo laba yang ditahan untuk kepentingan perusahaan.
Kebijakan dividen yang ditetapkan oleh perusahaan akan mempengaruhi jumlah dividen yang akan dibayarkan kepada pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh profitabilitas, leverage, growth dan likuiditas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur.
Sampel dalam penelitian ini 20 perusahaan manufaktur yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2015. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis regresi linier berganda hasil penelitian menunjukkan
bahwa hipotesis pertama secara simultan yaitu Profitabilitas, Leverage, Growth dan Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Dividen dengan nilai koefisien regresi yang menunjukkan arah positif sebesar 3,786 dan nilai signifikan 0,009 < 0,05. Hipotesis kedua yaitu Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Kebijakan Dividen dengan nilai koefisien regresi yang menunjukkan arah positif sebesar 2,211 dan nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05. Hipotesis ketiga yaitu Leverage tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen dengan nilai koefisien regresi yang menunjukkan arah negatif sebesar -1,504 dan nilai signifikansi 0,138 > 0.05. Hipotesis keempat yaitu Growth berpengaruh tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen dengan nilai koefisien regresi yang menunjukkan arah positif sebesar 0,099 dan nilai signifikansi 0,922 > 0,05. Hipotesis kelima yaitu Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen dengan nilai koefisien regresi yang menunjukkan arah positif sebesar 2,470 dan nilai signifikansi 0,017 < 0,05.